"Ini bukan WARKOP punya sebelah sob. Isinyapun gak selucu yang ada di pilem pilem itu. Sekedar tulisan buat ngobrolin hidup yang se-nyampleng-nya sruputan kopi. Percaya gak percaya deh.Jangan marah ya?" misterpentul

Friday 30 January 2015

Bisnis dan Ego

Postingan ini cuman test aja buat anda. Pertanyaannya, kira2 ketika bisnis anda sedang naik2nya...boleh nggak saya cek pembukuannya? ;)
Berani nggak buka2an manajemen keuangannya?

Saya jamin beberapa dari anda nggak berani dan pasti membantah dengan ke-ego-an anda...

Oke, tarohlah omset anda saat ini luar biasa...tapi disisi lain mungkin anda kesusyahan memenej biaya operasional, atau bisa jadi anda masih blom tau berapa laba yg sebenarnya. Hihihi...

Sorry bro...

Memang setiap kita dalam berbisnis punya rahasia masing2. Yang tentunya nggak sembarangan orang boleh melihat kondisi bisnis kita. Tapi tak dipungkiri juga, pusing sendiri dan gengsi, kadang muncul di saat bisnis kita tidak sehat.

Besar pasak daripada tiang.
Besar uang jalan-jalannya. Besar uang makan-makannya. Besar uang belanja barang-barang (yg kadang tidak begitu penting).
Dan walhasil, bisnis akhirnya sakit-sakitan.

So, apa dong solusinya???

Ya nggak lain dan nggak bukan adalah : DI CATET.
Sangat sederhana..semua pemasukan dan pengeluaran di tulis dan di bukukan. Dan jujurlah pada diri sendiri.

Gitu dulu yaaa...




"Kebiasaan orang memulai bisnis dengan gengsi, mengembangkannya dengan gengsi, dan jatuhnya pun karena gengsi. Itulah penyakitnya, dan akhirnya sudah ditemukan."
- misterpentul -



No comments:

Post a Comment